Senin, 20 Februari 2012

Gumul 5-Junction… One of Interesting Place in Kediri to Visit!

Pernah ga Reader pergi ke Kediri? Wah, sepertinya tidak ada salahnya kalo Reader main ke Kediri mampir ke simpang lima Gumul. It’s really beautiful there. Mau berkunjung pagi, siang, sore atau malam, view-nya tetep top deh.
Tidak terlalu jauh dari pusat kota Kediri, sekitar 15 menit menggunakan kendaraan bermotor. Kalo dari Kota Kediri bisa naik angkot jurusan Pare dan turun di simpang lima Gumul. Ongkosnya murah meriah, cuma 2.000 saja.
Mengenai apa yang menarik di simpang lima Gumul, saya kurang tau sejarah pembangunannya, tapi pertama kali saya melihat gedung di tengah simpang lima tersebut, saya langsung terpana dan mengingatkan saya dengan salah satu tourist spot di Prancis. Yaah, saya memang belum pernah ke Prancis, tapi saya pernah melihat sekilas bentuk gedung yang hampir sama dengan yang ada di simpang lima Gumul dari film yang saya tonton. ^o^



 
Simpang Lima Gumul, Kediri

Tourist spot di Prancis yang menurut saya mirip sama yang di Kediri… hehe

Bagi Reader yang pernah ke Prancis, mungkin bisa melihat 1-2 kemiripan diantaranya, hehe. Denger-denger, katanya kalo malem view-nya lebih cantik lagi. Gedung kokoh tersebut ketika malam hari disorot lampu-lampu berwarna kuning keoranyean, membuat suasana jadi romantis, katanyaaaa… mungkin ga beda jauh sama lampu-lampu di Tugu, Yogyakarta.
Saya sendiri datang kesana pas siang bolong, yaa ga sempet juga berkunjung di malam hari. Ga ada angkot lebih dari jam 2 di Pare, datang malem ke Gumul, bisa-bisa ga bisa pulang ke kos. Akhirnya saya dan teman saya memutuskan untuk berkunjung ke Gumul di siang hari. Walaupun saya datang kesana siang bolong jam 12, tapi ga kerasa panas karena cuaca kala itu memang agak mendung, tiupan anginnya juga kencang luar biasa. Tapi saya senang karena ga bikin saya gosong, hehe (number 1 enemy: ultraviolet ray).







Ibuuuu… panaaaassssss…… T.T
Di gedung (entah namanya apa, saya tidak menemukan plang nama atau keterangan sejarah dibuatnya), di gedung Gumul itu (sebut saja begitu) diukir tokoh-tokoh pahlawan (sepertinya). Ada juga ukiran potongan cerita rakyat/sejarah yang sepertinya mempunyai makna mendalam. Saya berasumsi bahwa ide pembuatan gedung Gumul ini mungkin terinspirasi dari gedung yang ada di Prancis tersebut. Identik sih habis bentuk gedungnya…







Ukiran di salah satu sisi gedung
Tapi tidak terlalu saya perhatikan makna dari ukiran-ukiran tersebut, saking asyiknya jepret sana jepret sini dengan kamera minimalis saya (kamera handphone-red).







Di salah satu sisi bagian gedung

Ika, di bagian tengah gedung


 Trying to make unique pose (special effect picture) with my hand… kekeke





 

Sempat bingung masuk lewat mana, akhirnya… loncatin rantai penghalang!

Tenang saja Reader, masuk ke wilayah gedung Gumul itu gratis kok, yang bawa kendaraan pribadi mungkin akan bingung mau parker dimana, tanya petugas setempat ya agar Reader bisa dengan tenang meninggalkan kendaraannya. Simpang lima ini termasuk daerah rawan kecelakaan karena ukuran jalannya yang lebar, kendaraan yang lewat memang ramai tapi tidak padat, jadi orang-orang sering ngebut di daerah ini. Hati-hati ya…
Yaah, itulah sedikit cerita ketika saya berkunjung ke simpang lima Gumul. Ada banyak tempat wisata di Kediri yang belum saya kunjungi, kalau ada kesempatan, kendaraan, biaya dan teman, saya mau deh mengunjungi interesting tourist spot lainnya di Kediri. Hoho… apalagi kalo gratis! Yuhhuuu…

Regard.

1 komentar: